Cutting Stiker dan PrintCut Stiker


Selain cutting sticker, ada juga yang disebut printcut sticker atau print&cut sticker dan bisa juga disebut dengan print and cut sticker. Printcut sticker berbeda dengan cutting sticker.
Perbedaan Cutting Sticker dan Printcut Sticker
Sekilas cutting sticker dan print cut sticker memang tampak sama saja, tetapi mulai dari cara pengerjaan, mesin yang digunakan hingga produk yang dihasilkan berbeda.
Mesin produksi
Mesin yang digunakan cutting sticker adalah mesin pemotong, atau dibagian seharusnya ada catridge di printer biasa, maka dalam mesin cutting sticker terdapat mata pisau untuk memotong.
Sedangkan mesin yang digunakan dalam pembuatan print cut sticker adalah mesin print to cut. Setelah mem-print desain yang diinginkan, dilanjutkan dengan memotong bagian-bagian yang ingin dipotong hingga sesuai dengan desain yang kita inginkan.
Material
Material yang digunakan untuk cutting sticker dan printcut sticker sama saja, kecuali warna yang digunakan. Apabila cutting sticker yang bisa menggunakan warna-warna solid, maka printcut sticker dapat menggunakan warna gradasi karena pada dasarnya printcut sticker adalah print sticker yang dipotong. Untuk membuat printcut sticker, biasanya menggunakan material yang berbahan dasar warna putih, agar warna lebih keluar. Baik itu vynil ataupun scotchlite bisa digunakan untuk membuat printcut sticker.
Waktu pengerjaan
Perbedaan waktu pengerjaan cutting sticker dan printcut sticker cukup lama.
Dalam pengerjaan cutting sticker, jumlah warna sangat menentukan waktu. Apabila dalam cutting sticker terdapat 3 warna, berarti waktu pengerjaan pun dikalikan 3.
Berbeda dengan printcut sticker. Printcut sticker hanya dikerjakan oleh satu mesin, sehingga waktu pengerjaan pun lebih efisien. Karena pada dasarnya, printcut sticker adalah printing yang di-cutting, warna tidak menentukan lama pengerjaan.
Harga
Harga cutting sticker dan printcut sticker dihitung dari kerumitan desain, waktu pengerjaan dan quantity atau banyaknya pesanan. Tetapi dalam cutting sticker, jumlah warna pun mempengaruhi harga cutting sticker.
Terlepas dari semua perbedaan antara cutting sticker dan printcut sticker, tetapi intinya tetap sama, yaitu sticker. Maka, cutting sticker dan printcut sticker dapat disatukan menjadi satu produk yang baru.
Jadi, mana yang Anda pilih? Printcut sticker? Atau Cutting Sticker?
Atau satukan keduanya, dan jadikan produk yang Anda inginkan.

Hubungi kami :
Percetakan Panjawarna
Call / WA : 087 8888 02855




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *