Ukuran Area Cetak Mesin Offset Printing

Ukuran kertas dan area cetak mesin offset berbeda satu dengan yang lainnya. Ukuran kertas yang dimaksud yaitu ukuran kertas yang bisa masuk ke mesin cetak. Sedangkan area cetak yaitu area di kertas yang masih dapat menerima tinta. Area cetak selalu lebih kecil dari ukuran kertas, karena tidak ada mesin cetak offset yang bisa mencetak secara penuh secara borderless. Karena mesin cetak offset pasti memerlukan pegangan / penjepit untuk memegang kertas dalam proses pencetakannya. Berikut ini adalah ukuran kertas untuk setiap mesin cetak offset dan area cetaknya.


Area Kertas
Area kertas adalah ukuran maksimum kertas yang dapat masuk kedalam mesin cetak. Misalnya pada mesin cetak Oliver 72 memiliki area kertas 50 x 70, maka anda tidak bisa menjalankan kertas ukuran yang lebih besar daripada 50×70.
Lalu apa bedanya dengan Area Cetak
Area Cetak
Area cetak adalah ukuran maksimum desain yang dapat anda cetak pada suatu mesin. Contoh yang sama pada mesin Oliver 72. Mesin tersebut memiliki area cetak 48 x 68. Maka jika anda memiliki desain ukuran 50 x 68, tidak disarankan untuk mencetak dengan Oliver 72. Karena nantinya akan ada bagian yang terpotong(tidak tercetak.

Semoga membantu rekan2 dalam menentukan Mesin untuk mencetak dan tidak terjadi kesalahan Ukuran dalam Mendesain. Terimakasih


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *